Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia: Peran Sentral Pilar-Pilar Pendidikan dalam Membentuk Generasi Unggul
DOI:
https://doi.org/10.58764/j.im.2023.4.43Kata Kunci:
kualitas pendidikan, pilar pendidikan, generasi unggul, peran pendidikanAbstrak
Artikel ini menganalisis upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, dengan penekanan khusus pada peran penting pilar pendidikan dalam pembentukan generasi yang unggul. Pendidikan di Indonesia menghadapi banyak masalah, seperti ketidaksetaraan, akses terbatas, dan variasi kualitas pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan peran pilar-pilar utama pendidikan, yaitu kurikulum, tenaga pendidik, infrastruktur, dan keterlibatan masyarakat. Kurikulum dianggap sebagai dasar yang membentuk cara siswa berpikir dan memiliki keterampilan. Artikel ini membahas pentingnya peninjauan kurikulum untuk memastikan relevansi dengan persyaratan lokal dan global serta untuk memanfaatkan teknologi sebagai pendukung pembelajaran yang efektif. Pilar kedua membahas peran guru sebagai faktor penting dalam menyebarkan pengetahuan dan nilai kepada siswa. Dianggap sebagai strategi penting untuk menghasilkan pendidik yang berkualitas tinggi adalah peningkatan kualifikasi, pelatihan berkelanjutan, dan pengembangan keterampilan pedagogis. Berbicara tentang infrastruktur pendidikan berarti menyediakan sarana fisik dan teknologi yang memadai. Berbicara tentang keberlanjutan dan aksesibilitas infrastruktur serta penggunaan teknologi untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Pilar keempat menekankan bahwa partisipasi masyarakat sangat penting untuk membangun lingkungan pendidikan yang mendukung. Dalam artikel ini, kita akan membahas peran yang dimainkan oleh orang tua, komunitas lokal, dan sektor swasta dalam mendukung dan melengkapi upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Artikel ini memberikan gambaran lengkap tentang bagaimana pilar-pilar pendidikan tersebut dapat membentuk generasi unggul di Indonesia dengan merinci manfaatnya. Diharapkan bahwa penerapan tindakan strategis yang terintegrasi di setiap pilar akan menjadi landasan yang kuat untuk mencapai tujuan jangka panjang dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Unduhan
Referensi
» click to expand references listAbbas, A. F. (2004). Kurikulum Konsentrasi Hukum Islam yang Prospektif dan Aplikatif: Beberapa Pokok Pikiran tentang Desain Kurikulum Konsentrasi Hukum Islam yang Berbasis Kompetensi.
Abbas, A. F. (2010). Metode Penelitian, cet. I. Jakarta: Adelina Bersaudara.
Abbas, A. F., & Afifi, A. A. (2021). Pengembangan Kurikulum Moderasi Islam ( Wasathiyyah ) dan Karakter Muslim Moderat yang Bertakwa di dalam Lingkungan Muhammadiyah. AL-IMAM: Journal on Islamic Studies, Civilization and Learning Societies, 2, 7–17. DOI: https://doi.org/10.58764/j.im.2021.2.13
Abidin, M. (2021). Evaluasi kualitas pengajaran di perguruan tinggi oleh pemangku kepentingan. Jurnal Pengajaran Internasional, 14(3), 287–308. Retrieved from https://doi.org/10.29333/iji.2021.14317a DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2021.14317a
Afifi, A. A. (2022). Women’s Scholarship in Islam And Their Contribution To The Teaching Knowledge. AL-IMAM: Journal on Islamic Studies, Civilization and Learning Societies, 3, 19–25. DOI: https://doi.org/10.58764/j.im.2022.3.21
Afifi, A. A. (2023). Panduan Penulisan Laporan Ilmiah untuk Publikasi. AL-IMAM: Journal on Islamic Studies, Civilization and Learning Societies, 4, 1–11. DOI: https://doi.org/10.58764/j.im.2023.4.29
Afifi, A. A., & Abbas, A. F. (2019). Future Challenge of Knowledge Transfer in Shariah Compliance Business Institutions. International Colloquium on Research Innovations & Social Entrepreneurship (Ic-RISE) 2019. DOI: https://doi.org/10.58764/conf.icrise2019.4
Afifi, A. A., & Abbas, A. F. (2023). Worldview Islam dalam Aktualisasi Moderasi Beragama yang Berkemajuan di Era Disrupsi Digital. AL-IMAM: Journal on Islamic Studies, Civilization and Learning Societies, 4, 23–34. DOI: https://doi.org/10.58764/j.im.2023.4.31
Afifi, A. A., Arifin, N., & Kiswanto, G. (2019). Industrial Maturity Development Index: An Approach from Technology-driven Resources. International Colloquium on Research Innovations & Social Entrepreneurship (Ic-RISE) 2019. DOI: https://doi.org/10.58764/conf.icrise2019.1
Al-Attas, M. N. (1996). The Worldview of Islam: An Outline?: Opening Address [at the Inaugural Symposium on Islam and the Challege of Modernity: Historical and Contemporary Contexts, 1994, Kuala Lumpur, 1994]. International Institute of Islamic Thought and Civilization.
Annurrahman. (2014). Belajar dan belajar. Bandung: Alfabeta.
Ansori, M. (2021). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32 DOI: https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32
Arifai, A. (2018). Pengembangan Kurikulum Pesantren, Madrasah Dan Sekolah. Raudhah Proud To Be Professionals?: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(2), 13–20. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i2.27 DOI: https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i2.27
Azra, A. (1985). Surau di Tengah Krisis: Pesantren dalam Perspektif Masyarakat. In Pergulatan Dunia Pesantren. Jakarta: P3M.
Berulava, M. N., & Berulava, G. A. (2018). Character Building or The Development of the Personality: An Innovative Methodological Platform in the Informational Educational Space. International Dialogues on Education Journal, 5(1), 55–64. Retrieved from https://doi.org/10.53308/ide.v5i1.82 DOI: https://doi.org/10.53308/ide.v5i1.82
Brown, A., & Jones, B. (2019). Memberdayakan guru melalui penggunaan teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(1), 67–89.
Davis, M., & White, R. (2020). Mengenali dan mendukung kebutuhan khusus siswa: Peran sentral guru. Jurnal Pendidikan Inklusif, 30(4), 345–362.
Dewi, I. K., & Santoso, H. (2020). Pentingnya peran keluarga dalam membentuk kebiasaan belajar positif anak. Journal of Child Education, 18(4), 321–335.
Faisal, M. (2020). Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama di Era Digital. Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, 83–96.
Fatia, A., & Gusmaneli, G. (2022). The Development of the Curriculum of The Science of Hadith Study Program in Univercities Highly Islamic Religion. 2nd UIN Imam Bonjol International Conference on Islamic Education, 1–11. Redwhite Press.
Garcia, E., & Kim, S. (2022). Peran Orang Tua dalam Pendidikan: Kolaborasi Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kuat. Jurnal Pendidikan Keluarga, 18(2), 155–175.
Gusmaneli, G. (2012). Dampak Teknologi Pendidikan Terhadap Peranan Guru Di Masa Depan. Al-Ta Lim Journal, 19(2), 166–172. DOI: https://doi.org/10.15548/jt.v19i2.18
Gusmaneli, G., Hasnah, R., & Fatia, A. (2022). Professional Teachers in The Millennial Era. 2nd UIN Imam Bonjol International Conference on Islamic Education, 100–104. Redwhite Press.
Harjanto, B. (2020). Dinamika peran keluarga dalam membesarkan anak. Journal of Family Education, 20(2), 135–150.
Johnson, C. (2021). Mengintegrasikan keterampilan sosial dan emosional ke dalam kelas: Peran guru sebagai teladan. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 25(3), 211–230.
Kusuma, R., & Pratama, D. (2019). Peranan Keluarga dalam Perkembangan Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Etika, 15(3), 210–225.
Mulyana, R. (2021). Menilai dampak teknologi E-learning. Teknologi Pendidikan Dan Masyarakat, 24(2), 263–276.
Mustofa, A. (2022). Mengoptimalkan peran guru dalam mengadaptasi kurikulum dengan kebutuhan industri. Jurnal Pendidikan Kejuruan, 30(4), 345–362.
Nazir, M. (2009). Metode Penelitian (R. Sikumbang, Ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.
Oktavia, Y., Afifi, A. A., Eliza, M., & Abbas, A. F. (2023). Pengembangan TDR-IM Sistem Informasi Manajemen Keuangan Siswa di Pondok Pesantren: Integrasi, Simplifikasi dan Digitalisasi. Journal of Regional …, 1, 1–15. DOI: https://doi.org/10.58764/j.jrdti.2023.2.28
Prasetiyo, B., & Utomo, A. (2018). Pengaruh lingkungan rumah terhadap keberhasilan belajar siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 17(1), 45–60.
Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.258 DOI: https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.258
Sabri, A., & Gusmaneli, G. (2015). The Using of Media in Learning Fiqh to the Islamic Education Department of Education and Teacher Faculty of IAIN Imam Bonjol Padang. Al-Ta Lim Journal, 22(2), 180–193. DOI: https://doi.org/10.15548/jt.v22i2.145
Santoso, H. (2022). Peran Guru Sebagai Motivator: Membangkitkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Motivasi Pendidikan, 28(2), 175–192.
Sari, N., & Pranowo, A. (2019). Memberdayakan keluarga untuk mendukung pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Inklusif, 23(3), 201–220.
Setiawan, R. (2020). Karakter dan Kompetensi: Peran Guru dalam Membentuk Generasi Unggul. Jurnal Pendidikan Karakter, 22(3), 211–230.
Smith, J. (2020). Peran guru dalam membentuk karakter dan kemampuan siswa. Journal of Educational Excellence, 10(2), 123–145.
Subagio, B. (2020). Transformasi pendidikan melalui peran guru: Menuju masa depan yang lebih baik. Journal of Educational Excellence, 10(2), 123–145.
Susanti, L. (2018). Pendidikan berbasis karakter: Peran guru dalam membentuk etika siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 20(1), 45–60. DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.3482
Syafril, & Zen, Z. (2007). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Prenada Media Group.
Taniredja, T. (2013). Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Thompson, G., & Clark, R. (2022). Pengembangan kurikulum inovatif dengan partisipasi pelajar: Pendekatan kolaboratif. Journal of Participatory Education, 35(3), 245–260.
Utomo, A. (2021). Meningkatkan mutu pendidikan melalui peran guru: Tantangan dan Harapan. Jurnal Pendidikan Inovatif, 15(1), 67–89.
Wijaya, I. (2021). Teknologi Pendidikan dan Peran Guru: Sukses di Era Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi, 25(4), 345–362.
Zarkasyi, H. F. (2013). Worldview Islam dan Kapitalisme Barat. Tsaqafah, 9(1), 15. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i1.36 DOI: https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i1.36
Unduhan
-
PDF (English)
views: 822
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta (c) 2023 Mhd. Zidan Firmansyah , Septria Sa'duh, Restu Permohonan Hasibuan, Gusmaneli Gusmaneli