Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia: Peran Sentral Pilar-Pilar Pendidikan dalam Membentuk Generasi Unggul

Penulis

  • Mhd. Zidan Firmansyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Septria Sa'duh Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Restu Permohonan Hasibuan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmaneli Gusmaneli Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.58764/j.im.2023.4.43

Kata Kunci:

kualitas pendidikan, pilar pendidikan, generasi unggul, peran pendidikan

Abstrak

Artikel ini menganalisis upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, dengan penekanan khusus pada peran penting pilar pendidikan dalam pembentukan generasi yang unggul. Pendidikan di Indonesia menghadapi banyak masalah, seperti ketidaksetaraan, akses terbatas, dan variasi kualitas pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan peran pilar-pilar utama pendidikan, yaitu kurikulum, tenaga pendidik, infrastruktur, dan keterlibatan masyarakat. Kurikulum dianggap sebagai dasar yang membentuk cara siswa berpikir dan memiliki keterampilan. Artikel ini membahas pentingnya peninjauan kurikulum untuk memastikan relevansi dengan persyaratan lokal dan global serta untuk memanfaatkan teknologi sebagai pendukung pembelajaran yang efektif. Pilar kedua membahas peran guru sebagai faktor penting dalam menyebarkan pengetahuan dan nilai kepada siswa. Dianggap sebagai strategi penting untuk menghasilkan pendidik yang berkualitas tinggi adalah peningkatan kualifikasi, pelatihan berkelanjutan, dan pengembangan keterampilan pedagogis. Berbicara tentang infrastruktur pendidikan berarti menyediakan sarana fisik dan teknologi yang memadai. Berbicara tentang keberlanjutan dan aksesibilitas infrastruktur serta penggunaan teknologi untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Pilar keempat menekankan bahwa partisipasi masyarakat sangat penting untuk membangun lingkungan pendidikan yang mendukung. Dalam artikel ini, kita akan membahas peran yang dimainkan oleh orang tua, komunitas lokal, dan sektor swasta dalam mendukung dan melengkapi upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Artikel ini memberikan gambaran lengkap tentang bagaimana pilar-pilar pendidikan tersebut dapat membentuk generasi unggul di Indonesia dengan merinci manfaatnya. Diharapkan bahwa penerapan tindakan strategis yang terintegrasi di setiap pilar akan menjadi landasan yang kuat untuk mencapai tujuan jangka panjang dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

» click to expand references list

Unduhan

                   

Diterbitkan

7 Desember 2023

Cara Mengutip

Firmansyah , M. Z., Sa’duh, S., Hasibuan, R. P., & Gusmaneli, G. (2023). Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia: Peran Sentral Pilar-Pilar Pendidikan dalam Membentuk Generasi Unggul. AL-IMAM: Journal on Islamic Studies, Civilization and Learning Societies, 4(2), 57–66. https://doi.org/10.58764/j.im.2023.4.43

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.